Senin, 19 September 2011

Orang Bertakwa Senantiasa “Berpuasa” Di Dunia

Sesungguhnya setiap mukmin tidak hanya berpuasa di bulan Ramadhan saja, tapi juga berpuasa pada seluruh hari-harinya ketika ia di dunia. Mengapa demikian? Karena setiap hari ia berpuasa dari larangan Allah Ta’ala, berpuasa dari mengikuti hawa nafsunya, dan berpuasa dari bujukan syaitan kepadanya. Oleh karenanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ ، وَجَنَّةُ الكَافِرِ

Dunia adalah penjara bagi orang mukmin, dan surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim)

Dikatakan “penjara” karena tidak semua keinginan di dunia boleh diturutkan dan bebas untuk hidup semaunya, tapi haruslah mengikuti aturan dari Sang Pencipta.

Sungguh indah perkataan Imam Ibnu Rajab dalam kitab Lathaif Al-Ma’arif-nya : “Dunia ini seluruhnya adalah bulan puasa bagi orang-orang yang bertakwa, sedangkan hari rayanya adalah hari pertemuan dengan Rabb-Nya. Dan sesungguhnya sebagian besar waktu siang untuk puasa telah lewat, sedangkan hari raya pertemuan dengan Rabb-Nya telah dekat.”

Maka wahai saudaraku, bersabarlah sampai datang hari berbuka tiba. Semoga Allah ‘Azza wa Jalla selalu meneguhkan iman kita ketika menjalani “puasa” di dunia.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaykum

    akhi, doakan saya agar jadi hamba ALLAH yg bertaqwa. dan, saya ingin kongsikan patah kata yg saya suka ya..
    teruskan menitip ketenangan buat jiwa yg memerlukan.. semoga ALLAH membalasimu dengan syurgaNya.. ameen.

    - I

    BalasHapus