Minggu, 20 Maret 2011

Sebaik-baik Lauk Adalah Cuka?

Mungkin ada yang mengira bahwa cuka adalah makanan terbaik berdasarkan hadits ini :
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَ أَهْلَهُ الْأُدُمَ فَقَالُوا مَا عِنْدَنَا إِلَّا خَلٌّ فَدَعَا بِهِ فَجَعَلَ يَأْكُلُ بِهِ وَيَقُولُ نِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ نِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ

Dari Jabir bin Abdullah menceritakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam meminta lauk kepada istrinya-istrinya, lalu mereka menjawab : "Kita tidak punya apa-apa selain cuka." Beliau menyuruh diambilkan (cuka itu), lalu beliau makan dengan cuka tersebut sambil bersabda : 'Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka'.” (HR. Muslim).

Benarkah sebaik-baik lauk adalah cuka?

Tentu saja tidak, karena di zaman Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ada makanan lain yang lebih enak, seperti daging, roti, keju, dsb. Tapi mengapa Nabi mengatakan sebaik-baik lauk adalah cuka?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan demikian untuk menjaga perasaan istrinya. Perhatikan kembali hadits tersebut. Para istri beliau sebelumnya berkata : “Kita tidak punya apa-apa selain cuka”. Maka Rasulullah berusaha menjaga perasaan mereka dengan memuji makanan yang ada, walaupun yang tersedia hanyalah cuka!

Faedah dari hadits ini adalah disunnahkan bagi para suami untuk memuji makanan yang disediakan sang istri, menghargai masakannya, serta tidak mencela makanan yang ada walaupun sebenarnya sang suami kurang menyukai makanan tersebut ^_^.

P/s : Terimakasih kepada istri ana yang telah mengingatkan faedah hadits ini :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar