Kamis, 07 Oktober 2010

Jagalah Rahasia Saudaramu

Diantara akhlak mulia seorang muslim adalah menjaga rahasia yang diamanahkan kepadanya.

Rahasia didefiniskan ulama sebagai : “Segala perkara yang disembunyikan dalam dirimu dan engkau tidak memperlihatkannya kepada orang lain, untuk menolak mudarat dan meraih mafsadat, atau engkau khusus menceritakannya kepada orang tertentu yang dipercaya, tidak selainnya” (Hatstsul Akhyar ‘ala Hifzhil Asrar : 10, Abdullah bin Ibrahim).

Sayangnya, pada zaman ini banyak sekali manusia yang membocorkan rahasia temannya, apalagi jika antara dia dan temannya terdapat perselisihan dan permusuhan -padahal dulunya akrab- maka ia tak segan-segan membocorkan rahasia tersebut kepada khalayak ramai.

Padahal membocorkan rahasia adalah haram hukumnya. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan janganlah kalian mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepada kalian, sedang kalian dalam keadaan mengetahui.” (QS. Al-Anfal : 27).

As-Safarini berkata : “Haram bagi manusia yang mukallaf untuk menyebarkan rahasia.” (Ghidza’ul Albab : 1/90).

Al-Ghazali berkata : “Menyebarkan rahasia hukumnya haram karena hal tersebut menyakiti dan merendahkan hak kawan. Membocorkan rahasia termasuk perbuatan khianat.” (Ihya’ Ulumuddin : 3/1860).

Maka sebagai seorang yang berakal, hendaklah kita berhati-hati dalam menceritakan rahasia kita kepada orang lain. Pastikan orang yang kita ceritakan seorang yang dikenal mempunyai sifat amanah, takwa, takut kepada Allah, dan dapat memberi nasihat yang baik dikala senang maupun susah.

Dan bagi pemegang rahasia, maka simpanlah baik-baik rahasia tersebut. Karena jika rahasia telah bocor maka sebagaimana dikatakan Ali bin Abi Thalib : “Rahasiamu adalah tawananmu, apabila ia bocor maka engkau yang berbalik menjadi tawanannya.” (Adabud Dunya wad Din : 483, al-Mawardi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar