Selasa, 28 Desember 2010

Tips Tetap Sehat Di Hari Tua

Ingin tahu tips tetap sehat dan kuat di hari tua? Maka simaklah kisah dari Abu Ath-Thayyib Thahir bin Abdullah bin Thahir bin Umar Ath-Thabari Asy-Syafi’i, beliau adalah seorang ulama besar dan seorang qadhi (hakim) yang wafat pada tahun 450 Hijriah.

Imam Ibnu Katsir dalam al-Bidayah wan Nihayah (12/85) menceritakan bahwa ulama tersebut berumur lebih dari 100 tahun, tapi di usianya yang lebih dari seabad itu beliau diberi nikmat oleh Allah dengan badan yang masih sehat dan akal yang kuat (tidak pikun). Pada suatu hari beliau melompat dengan lompatan yang tinggi, lalu orang-orang mencela apa yang dilakukannya, karena menganggap hal itu tidak pantas dilakukan oleh orang yang sudah tua. Beliau kemudian berkata, “Badanku ini ku jaga dari berbuat maksiat ketika aku remaja, maka Allah menjaganya ketika aku sudah tua.”

Maksud beliau adalah ingin menunjukkan bahwa barangsiapa yang menjaga hak-hak Allah, perintah-perintah-Nya dan larangan-larangan-Nya di saat masih muda, maka Allah akan membalas dengan menjaganya dengan memberi kenikmatan kesehatan badan dan kekuatan akal di hari tua.

Adakah yang berminat ingin mencoba tips ini?

3 komentar: