Kamis, 28 Juli 2011

Mencari Mushaf

Kemarin ana pergi ke toko buku mencari mushaf Al-Qur’an. Rencananya mushaf itu akan ana hadiahkan buat seseorang menyambut Ramadhan, Insya Allah. Syarat mushaf yang ana cari adalah ada transliterasi Arab-Latinnya, karena orang yang hendak ana hadiahkan itu kurang lancar membaca Al-Qur’an. Syarat lainnya adalah huruf Arabnya agak besar karena calon penerima hadiah tersebut umurnya sudah 60 tahun ^_^.

Tapi setelah hampir 1 jam ana berdiri memilih-milih belasan model mushaf, tidak ada satupun yang memenuhi kriteria mushaf yang ana sebutkan. Ada mushaf yang memiliki transliterasi Arab-Latin, tapi huruf Arabnya terlalu kecil. Ada pula mushaf yang huruf Arabnya besar, tapi tidak ada transliterasi Arab-Latinnya. Ada yang memenuhi kedua kriteria itu tapi dicetak terpisah dalam 10 jilid, padahal yang ana perlukan adalah yang dicetak dalam 1 jilid saja.

Walaupun ana belum mendapatkan mushaf yang dicari, tetapi ada kegembiraan melihat banyaknya mushaf-mushaf yang telah dicetak dalam berbagai bentuk dan ukuran. Teringat pada zaman sahabat dulu, khalifah ‘Utsman bin Affan bersusah payah membukukan 5 mushaf Al-Qur’an -menurut pendapat yang masyhur menurut Imam As-Suyuthi- kemudian dikirim ke Makkah, Syiria, Basrah dan Kufah dan satu mushaf ditinggal di Madinah.

Jika ada yang bertanya kemana mushaf-mushaf itu sekarang? Maka hanya Allah yang mengetahuinya. Namun, ana pernah membaca dalam kitab Mahabits fi ‘Ulum Al-Qur'an karya Syaikh Manna' al-Qaththan, bahwa Imam Ibnu Katsir (wafat 774 H) dalam kitabnya Fadha’il Al-Qur’an pernah melihat salah satu mushaf peninggalan khalifah ‘Utsman bin Affan tersebut di Masjid Damaskus, Syam.

Ada riwayat yang mengatakan bahwa mushaf di Syam itu dibawa ke Inggris setelah sebelumnya berada di tangan Kaisar Rusia dan disimpan pada perpustakaan Leningrad. Riwayat lain menyatakan bahwa mushaf tersebut musnah ketika terjadi kebakaran di Masjid Damaskus pada tahun 1310 H. Wallahu a’lam.

Kembali kepada topik : Tampaknya hari ini ana harus melanjutkan lagi perburuan mencari mushaf. Semoga Allah -yang maha mengatur semua urusan- memberikan ana kemudahan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar